soal dan jawaban Pedagogi - dasar komunikasi

 1. Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …(Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa)

2. Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….(pendahuluan)

3. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …(Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination))

4. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …(Kegiatan pendahuluan)

5. Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....(gangguan kepentingan)

6. Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

Select one:
a.

Mencoba atau bereksperimen

b.

Mengumpulkan data

c.

Mendiskusikan suatu masalah

d.

Mepresentasikan hasil diskusi


7. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …(Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus)


8. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….(kegiatan inti)


9. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran? (mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran)


10. Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi. (persepsi)


11. Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …(bahasa yang digunakan)


12. Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk …(Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar)


13. Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …(Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung)


14. Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....(Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "soal dan jawaban Pedagogi - dasar komunikasi"

Posting Komentar